-->

Analisis Angin Gradien

Ketinggian Angin Gradien terletak sekitar 1000 meter di atas permukaan bumi, dan merupakan tingkat yang paling mewakili aliran udara di atmosfer yang lebih rendah tepat di atas lapisan yang dipengaruhi oleh gesekan permukaan. Keteinggian ini bebas dari angin lokal dan pengaruh topografi (seperti angin laut, angin lereng bawah, dll).




Angin Gradien menggambarkan aliran udara di dekat permukaan bumi. Garis panah disebut streamlines dan mewakili arah angin. Garis putus-putus disebut isotach, dan menghubungkan titik-titik dengan kecepatan angin yang sama. Interval isotach standar adalah 15 dan 30 knot (28 km/jam dan 56 km/jam) - satuan knot adalah satuan yang lebih umum untuk pelayanan kelautan.


Analisi Streamline jauh lebih baik untuk menunjukkan pola cuaca di daerah tropis dibandikan dengan grafik tekanan ispbarik (MSLP). Meskipun grafik MSLP bagus untuk memperkirakan arah dan kekuatan angin di atas garis lintang sedang dan tinggi, di daerah tropis gradien tekanannya kurang cocok dan seringkali tidak memberikan indikasi yang baik tentang kondisi angin.

Angin permukaan dapat diperkirakan dengan mengurangi kecepatan angin gradien sekitar 20% di atas permukaan lautan, dan 40% di atas daratan dengan asumsi penyimpangan arah sekitar 10-30 derajat. Jika melihat arah angin penyimpangannya adalah ke kanan berarti tekanan rendah di kanan Anda (atau jika tekanan tinggi di kiri Anda).

Pada streamline, sistem tekanan rendah (termasuk siklon tropis) muncul sebagai sirkulasi masuk - searah jarum jam di belahan bumi selatan (BBS) dan berlawanan arah jarum jam di belahan bumi utara (BBU). Sistem tekanan tinggi muncul sebagai sirkulasi yang mengalir keluar, dengan arah putaran berlawanan dengan arah putaran terendah. Di dekat khatulistiwa, ketika angin berubah arah saat mengalir dari satu belahan bumi ke belahan bumi lainnya, pusaran tertutup mungkin muncul yang ditunjukkan oleh simbol "E" dan hal ini tidak terkait dengan tekanan tinggi atau rendah (dan sering dikaitkan dengan cuaca cerah).

Tekanan rendah ditunjukkan dengan simbol L, tertinggi dengan H , disertai dengan nilai tekanan pusat dalam hectoPascals (hpa). Siklon tropis adalah sistem tekanan rendah yang sangat intens, yang diidentifikasi oleh simbol siklon, bersama dengan informasi tentang nama, kecepatan angin maksimum (knot), tekanan pusat (hPa) dan arah pergerakan arus (kecepatan dalam knot).

Aliran massa udara yang mengalir menuju ekuator dari ketinggian midlatitude disebut angin pasat: angin tenggara di belahan bumi selatan dan angin timur laut di utara; aliran angin ini cenderung paling kuat di belahan bumi pada musim dingin ketika sistem tekanan tinggi lebih intens.

Di belahan bumi pada musim panas, angin terus-menerus cenderung mengalir ke daerah dekat khatulistiwa dari belahan bumi yang berlawanan, dan sering dikaitkan dengan mendung yang meluas dan hujan lebat. Angin tersebut disebut angin muson barat laut di belahan bumi selatan (Desember-Maret) dan angin musim barat daya di belahan bumi utara (Juni-September). Aliran monsun berada di sisi ekuator dari daerah bertekanan rendah yang disebut palung monsun, dan siklon tropis sering berkembang dari posisi terendah yang terletak di palung ini. (Sumber : bom.gov.au).




NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner