-->

Alam Jagat Raya



Perbedaan geosentris dan heliosentris:
(Geosentris adalah anggapan yang menyatakan bahwa bumi menjadi pusat tata surya sementara heliosentris adalah anggapan yang menyatakan bahwa matahari adalah pusat tata surya.)
.

Definisi galaksi dan sebutkan ciri-cirinya:
(Galaksi adalah kumpulan sistem perbintangan di alam semesta. Ciri-ciri galaksi diantaranya adalah: 1. memiliki pusat, 2. berotasi, 3. memiliki bentuk 4. jarak antar galaksi berjauhan (tahun cahaya))
.

Dampak rotasi dan revolusi bumi:
(Rotasi : pergantian siang dan malam, perbedaan zona waktu, gerak semu harian matahari, efek coriolis, pasang laut).
(Revolusi : pergantian musim, perbedaan lama waktu siang dan malam, gerak semu tahunan matahari dan bintang, perbedaan sudut datang sinar matahari).

Ciri-ciri planet mars, venus dan jupiter :
(Mars = berwarna kemerahaan, unsur penyusun dominan besi, punya dua satelit (Phobos dan Deimos)
(Venus = planet paling panas permukaannya, terlihat sebagai bintang fajar dari bumi, mengalami konjungi dalam dan konjungsi atas)
(Jupiter = planet terbesar, tersusun ata gas Hidrogen, Memiliki banyak satelit (Io, Ganymede dan Europa diantaranya)

Teori terbentuknya tata surya Nebula dan Pasang Surut :
(Teori Nebula dikemukakan oleh Imanuel Kant. Ia berpendapat bahwa tata surya berasal dari adanya kabut nebula raksasa yang kemudian berputar berpilin dan bagian tengahnya menjadi panas. Bagian panas ini menjadi matahari dan bagian sisinya mendingin menjadi planet)

(Teori Pasang Surut dikemukakan Jeans Jeffrey. Ia berpendapat dulu ada dua buah bintang yang saling berpapasan dan menyebabkan terjadinya gaya pasang surut antar dua bintang tersebut saat mendekat. Gaya pasang surut ini melontarkan partikel bintang dan kemudian memadat menjadi planet.)

Mengapa bumi memiliki kelayakan utama sebagai planet kehidupan :
(bumi memiliki atmosfer yang terdiri dari berbagai gas terutama oksigen sebagai sumber kehidupan bagai mahluk hidup, bumi memiliki lapisan air yang merupakan unsur kehidupan, bumi memiliki medan magnet yang mampu menahan bumi dari ancaman badai matahari, bumi memiliki periode rotasi dan revolusi yang tidak terlalu pendek juga tidak terlalu panjang, bumi tersusun atas kerak bumi yang merupakan tempat mahluk hidup tumbuh dan berkembang dll.)

Bukti dari teori continental drift Wegener :
(Eropa semakin menjauh dari Greenland, Adanya kesamaan fosil hewan purba di Afrika dengan Amerika Selatan, Adanya kemiripan garis pantai Amerika Selatan bagian timur dengan Afrika Bagian Barat, Adanya kesamaan geologi batuan di Afrika dan Amerika, Adanya pemekaran lantai samudera atlantik)

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner