-->

Gelombang Tinggi Terjang Lapak Penjual Di Pantai Cemara Sewu Cilacap Minggu 15 Mei 2022

Dalam tiga hari terakhir yaitu sejak 13 Mei 2022  tinggi gelombang laut perairan Selatan Jawa cukup tinggi yaitu untuk wilayah perairan mencapi 3 meter sedangkan wilayah samudera mencapai 4 mater. Gelombang Tinggi di perairan Selatan Jawa pada pagi hari Minggu 15 Mei 2022 mengakibatkan tergenangnya lapak penjual di beberapa wilayah pantai Selatan Jawa seperti terjadi di lokasi wisata pantai bantul dan pantai cemara sewu Kabupaten Cilacap. 

Pantai Cemara Sewu Nusawungu Cilacap

Naiknya air laut ke daratan disamping Kondisi gelombang laut yang tinggi juga akibat dari pasang air laut (Banjir ROB) di pantai Cilacap Jawa Tengah yang saat itu mencapi 2 meter pada pukul 08.00 WIB. Tingginya gelombang laut di perairan Selatan Jawa disebabkan karena saat ini memasuki musim angin timuran dan puncak gelombang tinggi biasanya terjadi pada Juli hingga awal Agustus. 

Banjir Pasang Air Laut (rob) adalah pola fluktuasi muka air laut yang dipengaruhi oleh gaya tarik benda-benda angkasa, terutama oleh Bulan dan Matahari terhadap massa (berat jenis) air laut di Bumi. Banjir pasang air laut termasuk bencana banjir yang disebabkan oleh masuknya air laut ke daratan sebagai akibat dari pasang air laut yang tinggi.

Wilayah Selatan pulau Jawa termasuk rawan terhadap bencana banjir karena kondisi Selatan Pulau Jawa juga sebagian memiliki topografi landai sehingga banjir dapat dengan mudah masuk jauh sampai ke daratan. Fenomena alam ini dapat dikategorikan sebagai bencana alam karena berhubungan dengan manusia dan segala aktivitasnya.

Terkait dengan banjir Pasang Air Laut (ROB) dan gelombang laut tinggi Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) dalam hal ini Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap (BMKG Cilacap) sejak 13 Mei 2022 sudah menyampaikan peringatan dini terkait potensi terjadinya banjir ROB baik melalui media sosial maupun  melalui siaran Radio yaitu YES Radio dan RRI Purwokerto yang dilakukan dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari.



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner